Minggu, 31 Oktober 2010

SOFT SKILL (FASILITAS YANG ADA DI GUNADARMA SITE) : BAAK & STUDENTSITE

Universitas Gunadarma merupakan Salah satu Universitas swasta terbaik berbasis IT di Indonesia. Gunadarma University jUniversitas Gunadarmaa mempunyai sub domain untuk sarana perkuliahan dan kepentingan kampus. diantaranya StudentSite, BAAK OnLine, UNIVERSITAS GUNADARMA-OCW(Open CourseWare), V-class, Warta Warga, UG Community. Pada kesempatan sekarang kali ini saya akan menjelaskan tentang sarana BAAK dan student site.



BAAK OnLine

Merupakan Biro yang mengadministrasi dan menangani segala macam informasi dan kegtiatan perkuliahan dan kemahasiswaan, seperti Informasi Akademik, Informasi Administrasi Akademik, dsb di Universitas Gunadarma.

Layanan-layanan yang ada pada BAAK diantaranya :

•Kalender Akademik : digunakan untuk mengetahui kegiatan akademik apa saja yang berkaitan di Universitas Gunadarma selama 1 semester yang akan datang sehingga seluruh mahasiswa Universitas Gudadarma dapat mengetahui kegiatan akademik yang akan berlangsung pada semester tersebut.


•Jadwal Akademik : berisi jadwal-jadwal kegiatan akademik yang akan berlangsung di Universitas Gunadarma, sehingga memudahkan mahasiswa Gunadarma dalam mencari informasi jadwal akademik pada semester yang bersangkutan.


•Info Mahasiswa : berisi tentang info-info untuk melakukan pencarian mahasiswa melalui search engine yang ada di BAAK dengan cara mengetikkan nama mahasiswa yang bersangkutan, selain itu kita juga dapat melihat daftar mahasiswa yang ada di Universitas Gunadarma.


•Selain daripada diatas, BAAK Universitas Gunadarma juga sebagai pusat Informasi yang berkaitan dengan kegiatan akademik yang berlangsung selama 1 Semester kedepan.

Situs/ URL dari untuk masuk ke BAAK Gnadarma : http://www.baak.gunadarma.ac.id




StudentSite

StudentSite merupakan salahsatu subDomain dari UG yang berfungsi sebagai jembatan antara mahasiswa dan mahasiswa dalam sistem perkuliahan. Segala macam informasi mengenai kemahasiwaan akan disampaikan melalui StudentSite. seperti Jadwal Kuliah, Informasi Seminar & Workshop, sampai daftar nilaipun kamu dapat melihatnya di StudentSite. Maka dari itu, StudentSite sangat penting keberadaannya bagi mahasiswa.


Menu-Menu pada StudentSite diantaranya:

•Home : Untuk mengumumkan berita ter-update dari kampus
•BAAK News : Sama seperti home , hanya saja BAAKNews lebih spesifik lengkap.
•Lecture Message : Berisi tugas-tugas dari dosen yang bersangkutan dan mata pelajaran yang bersangkutan di Universitas Gunadarma.
•WartaWarga : Berisi berbagai artikel-artikel buatan mahasiswa.
•UG Community : Berisi Info-Info komunitas yang ada di UG. contoh: Fotografi, IT, dsb., pada bagian ini juga dapat memberitahukan mengenai informasi-informasi ter UpDate dari anggota komunitas-komunitas terkait.
•Rangkuman Nilai :Untuk mengetahui Nilai kita selama kuliah di Universitas Gunadarma
• Jadwal Kuliah : Untuk mengetahui jadwal kuliah mahasiswa Universitas Gunadarma
•Jadwal Ujian : mengetahui kapan ujian, mata kuliah yang diujiankan, dan ruangannya di Universitas Gunadarma.
•Info Seminar : Berisi Info-info seminar yang akan diselenggarakan pada waktu yang telah ditentukan di Universitas Gunadarma.
•Tulisan(UG Portofolio) : Jikaingin menuliskan sesuatu seperti, cerita, dsb, dapat disini.
•Universitas Gunadarma (UG Portofolio) : Kita dapat Meng-Submit tugas yang diberikan oleh dosen yang bersangkutan dan mata kuliah yang bersangkutan sehingga tugas kita dapat dibaca dan dikoreksi oleh dosen.
•WartaWarga : Kita dapat melihat berbagai cerita, tips-tips, dan lainnya disini.


Kelebihan
1.Sebagai penghubung antara mahasiswa dengan dosen dan staff di Universitas Gunadarma.
2.Sebagai media pemberitahuan informasi yang terkait dengan kegiatan perkuliahan di Universitas Gunadarma.

Kekurangan:
1.Websitenya sulit untuk diakses sehingga untuk mendapatkan informasi harus ke BAAk.
2.Kadang-kadang Informasi yang diberikan kadaluarsa
3.Tidak ada versi studentsite untuk ponsel sehingga kita tidak dapat mengakses dimana-mana tanpa menggunakan komputer maupun laptop yang memiliki akses internet.

UG-OCW
Merupakan sarana belajar gratis dengan akses terbuka bagi seluruh masiswa dan masyarakat umum, bahkan di dunia yang dimiliki oleh Universitas Gunadarma.

V-Class
Merupakan sarana belajar OnLine. dengan V-Class ini, kita dapat belajar dan berinteraksi dengan dosen dimanapun kita berada, sehingga tidak perlu lagi hadir kedalam kelas secara fisik, melainkan hanya memalui media komputer dan koneksi internet.

UG Warta Warga
Merupakan sarana yang diberikan Universitas Gunadarma yang berisi tutorial, cerita-cerita, tips-tips, dan berita-berita yang telah diposting dan dapat dilihat oleh mahasiswa Universitas Gunadarma maupun masyarakat umum.

UG Community
baerisi Informasi mengenai komunitas-komunitas yang ada di Universitas Gunadarma, sehingga mahasiswa dapat mengetahui ada komunitas apa saja di Universitas Gunadarma.

sumber : BAAK & STUDENTSITE di:http://www.baak.gunadarma.ac.id/index.php dan http://studentsite.gunadarma.ac.id/home/

1 komentar: